DAFTAR PUSTAKA :

Sejarah >>> Psikologi >>> Hukum >>> Teknik >>> Ekonomi >>> Kedokteran >>> Olaraga >>>
Seni & Budaya >>> Informatika >>> Sosiologi >>> agama >>> Biologi >>> Fisika >>> Arsitektur
>>> Politik
______________________________________________MODUL ENTREPRENEURSHIP

Selasa, 07 Juli 2009

Kedokteran: Faktor-faktor yang mempengaruhi durasi spinal analgesia

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi durasi spinal analgesia:

Obat dan Dosis

Cara yang tepat untuk mengontrol durasi blok spinal yang diinginkan adalah menggunakan obat anestetik lokal dengan durasi yang tepat. Selain itu, terbukti bahwa durasi sangat berhubungan dengan dosis, dimana penungkatan dosis obat anestetik lokal dapat memperpanjang blok.

Obat-obat vasokonstriktor

Obat-obat seperti epinephrine atau phenylephrine juga dapat memperpanjang blok spinal, meskipun demikian terdapat perbedaan pendapat tentang kegunaaan klinis obat-obat ini. Cara kerja obat-obat vasokonstriktor di dalam ruang subarachnoid belum dapat dijelaskan yang mana jelas berbeda dengan cara kerjanya di tempat lain.

Terlihat bahwa terdapat perbedaan lamanya blok yang dihasilkan berdasarkan obat anestetik lokal yang digunakan, efek yang terbaik dihasilkan oleh tetrakain dan yang terkurang adalah lidokain dan bupivakain.
Vasokonstriktor terlihat dapat menyebabkan pemanjangan blok (>8 jam) pada beberapa pasien, akan tetapi efeknya ini sangat individual.

Jika menggunakan vasokonstriktor, maka dosis yang direkomendasikan adalah epinephrine 0,1 mg (0,1 ml larutan 1:10000) atau phenylephrine 1 mg.

http://artikelkedokteran.comluv.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar